NU Bontang

Ketua Lesbumi Kota Bontang, Pimpin ziarah wali Kutai Kertanegara



Jumat 6 November pukul 16.00 Wita bertempat di MSB Center Musholla Al Kindy di jalan Reformasi pengurus dan para jamaah berkumpul untuk berangkat bersama-sama melakukan tour Ziarah Wali di Kabupaten Kutai Kertanegara.


Tema ziarah ini Sarkub (Santun Berdakwah Sejuk Beribadah).


Makam Raja Kutai yang terletak di Desa Kutai Lama Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kertanegara menjadi destinasi tujuan para peziarah, disana para Raja Kutai dimakamkan.


Ketua Lesbumi Kota Bontang sekaligus pimpinan Rombongan Khoirul Amin yang akrab disapa Gus Amin mengingatkan kepada para jamaah yang ikut tour ziarah kali ini, untuk tetap berhati-hati dijalan, serta tetap mengikuti protokol kesehatan berupa menggunakan masker, mencuci tangan mengingat masih dalam musim pandemi covid 19 dan yang terpenting menjaga niat agar perjalan ziarah ini tidak sia-sia.


Di Kutai Lama ini, ada tiga makam yang dibanjiri peziarah pada hari-hari tertentu. Yakni makam ulama Habib Hasim Bin Musaiyah atau Tuan Tunggang Parangan sebagai penyebar Agama Islam di Kerajaan Kutai, Raja Aji Mahkota I dan Raja Aji Dilanggar.


Sebanyak 8 mobil yang ikut ziarah, pada tiap mobil berisi antara 6 atau 7 peserta. Para peserta sangat antusia mengikuti kegiatan ini. Animo masyarakat untuk senantiasa berziarah sangat tinggi dan cenderung meningkat setiap tahunnya.


Banyak hikmah yang dapat diambil dari kegiatan ziarah kubur. Diantaranya menjadikan kita lebih mengingat kematian yang datangnya sudah pasti. Juga menjadikan kita tidak terlena oleh persoalan dunia dan banyak mempersiapkan bekal di kehidupan akhirat. selain itu juga semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT dengan meyakini ketentuan mengenai alam barzah. 


Semoga kegiatan ziarah ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. aamiin. 


Dalil-dalil tentang ziarah kubur dapat dibaca pada https://www.nubontang.or.id/2020/11/dalil-dali-tentang-ziarah-kubur.html


Kontributor: Randa

Editor: Bahri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama