NU Bontang

Keinginan suami yang tidak akan dikatakan kepada istrinya


           بسم اللّٰه الرحمن الرحيم


Bagi seorang istri yang baik dan sholihah, ia dituntut untuk dapat memahami karakter khas seorang laki-laki yang menjadi pendamping (mitra) hidupnya untuk mengarungi kehidupan di dunia hingga akhirat. 


Diceritakan dari Ibunda Aisyah Ra, ia berkata ; Rosulullah Saw bersabda ; 

"اِنَّ النِّسَاءَ شَقَائِقُ الرِّجَالِ"

"Sesungguhnya kaum wanita itu adalah mitra bagi kaum laki-laki" . (HR At Turmudzi). 


Setidaknya ada tiga hal yang akan disimpan rapi oleh seorang suami dihadapan istrinya. Tiga hal ini tidak akan dikemukakan baik dengan ucapan maupun Tulisan. Seorang suami hanya berharap agar istrinya bisa memahaminya melalui kebersamaannya atau mendapat penjelasan dari orang lain.

 

1. Ingin selalu dihormati

Hal ini sangatlah wajar, karena seorang laki-laki memang ditaqdirkan untuk menjadi seorang imam, pemimpin dirumahnya bagi istri dan dan anak-anaknya. Alloh Ta'ala berfirman ;

"اَلرِّجَالُ قَوَّامُوْنَ عَلَى النِّسَاءبِمَا فَضَّلَ اللّٰه بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا اَنْفَقُوْامِنْ اَمْوَالِهِمْ...

"Laki-laki (suami) adalah pemimpin (yang melindungi) perampuan (istri), karena Alloh telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lainya (perempuan), dan karena mereka telah memberikan nafkah dari sebagian hartanya..." (Qs An Nisaa 34). 


2. Ingin punya ruang dan waktu untuk menyendiri (my time). 

Ini sangat khas, karena laki-laki memang dalam berbicara dan bertindak semuanya mengedepankan kecerdasan otaknya. Nah dengan memberi ruang dan waktu khusus bagi seorang suami untuk menyendiri, maka akan punya kesempatan untuk menyatukan otak dan hatinya, sehingga kecerdasan dan perasaannya dapat menyatu padu.  Hal ini dapat kita fahami dari sosok Rosululloh Saw, dimana beliau sering kali menyendiri {uzlah} di gua Khiro dan pada akhirnya beliau didatangi Malaikat Jibril As untuk kemudian menerima wahyu dari Alloh Swt. Yaitu surat Al Alaq.


اِقْرَأْ بسم ربك الذي خلق

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan". 


3. Ingin tau sikap dan ucapannya yang disukai istrinya. 

Meski diam seribu Bahasa, seorang suami amat sangat ingin tau tentang apa saja yang ucapkan dan dilakukan kepada istrinya yang dapat membahagiakannya . Karena jika sang istri menyampaikannya, hal ini akan mendorong seorang suami untuk lebih banyak dan lebih sering mengucapkan dan melakukan hal yang dapat membahagiakannya itu. Yang demikian ini bagian dari ungkapan terima kasih (syukur) bagi seorang istri kepada suaminya.


Semoga bermanfaat, berbarokah dan semakin mengharmoniskan, juga menjaga kelarga tetap sakinah mwaddah warohmah. Amiin


والله اعلم بالصواب 


By ;☝️Saya SANTRI. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama